Site icon Informasi Pilkada

Ilham Habibie Masuk Radar PKS untuk Maju di Pilkada Jawa Barat 2024 sebagai Gubernur

PKS dukung Ilham Habibie sebagai calon Gubernur Jawa Barat 2024

PKS dukung Ilham Habibie sebagai calon Gubernur Jawa Barat 2024

Pilkadanews.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tengah mempertimbangkan potensi pencalonan Ilham Habibie sebagai gubernur Jawa Barat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang diusung oleh Partai NasDem.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, menyampaikan bahwa meskipun pertemuan PKS dengan Ilham pada Kamis pagi belum menghasilkan keputusan dukungan, pihaknya mengharapkan diskusi yang lebih rinci di masa depan. Ahmad Syaikhu menyebutkan perlunya pembahasan mendetail antara PKS dan NasDem terkait kemungkinan koalisi di Jawa Barat.

“Kami berharap ada pembahasan lebih mendalam dan jelas kapan deadline-nya, agar tidak terus mengambang,” ujar Syaikhu usai menerima kunjungan Ilham Habibie di Kantor DPP PKS, Jakarta seperti dikutip pada Kamis (18/07).

Dalam sejumlah survei elektabilitas, nama Ilham Habibie belum menunjukkan hasil yang optimal untuk posisi Gubernur Jawa Barat. Meski demikian, Syaikhu optimis bahwa Ilham masih memiliki waktu untuk meningkatkan elektabilitasnya sebelum Pilkada.

“Survei hanya menggambarkan kondisi saat ini. Pak Ilham masih punya waktu empat bulan lagi untuk melakukan sosialisasi di tengah masyarakat Jawa Barat,” jelasnya.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim, menekankan bahwa PKS memiliki jumlah kursi parlemen yang signifikan di Jawa Barat. Namun, PKS masih memerlukan dukungan dari partai lain untuk bisa mengusung calon secara mandiri.

Oleh karena itu, NasDem akan bekerja sama dengan PKS untuk mencari titik kesepakatan. “Kami juga sama-sama menyadari tenggat waktu yang semakin dekat,” kata Hermawi.

Sebelumnya, Partai NasDem telah memperkenalkan Ilham Habibie, putra sulung Presiden ke-3 Indonesia B.J. Habibie, sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat 2024 kepada PKS di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Jakarta.

Ilham didampingi oleh Sekjen DPP Partai NasDem Hermawi Taslim, serta beberapa petinggi Partai NasDem lainnya seperti Okky Asokawat, Lathifa Al Anshori, dan Sekjen DPW NasDem Jawa Barat M. Rachmat.

Pertemuan antara Ilham Habibie dan Ahmad Syaikhu berlangsung sekitar 30 menit. Diskusi tersebut menandai langkah awal dalam upaya pembentukan koalisi yang diharapkan dapat membawa kemenangan pada Pilkada Jawa Barat 2024.

Dengan adanya kolaborasi yang kuat antara PKS dan NasDem, kedua partai berharap dapat mengusung kandidat yang mampu memenangkan hati rakyat Jawa Barat.

Baca Juga: Disiapkan Golkar Dampingi Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024, Jusuf Hamka Beri Respon Ini

Exit mobile version