Site icon Informasi Pilkada

Gerindra dan PDIP Klaten Sepakat Berkoalisi untuk Pilkada 2024

PDIP dan Gerindra sepakat koalisi di Pilkada Klaten 2024

PDIP dan Gerindra sepakat koalisi di Pilkada Klaten 2024

Pilkadanews.com – DPC Partai Gerindra dan DPC PDIP Kabupaten Klaten telah mencapai kesepakatan untuk berkoalisi dalam Pilkada 2024. Langkah ini ditandai dengan peminangan resmi dari PDIP kepada Gerindra untuk menjadi pasangan dalam ajang pemilihan kepala daerah tersebut.

Ketua DPC Gerindra Klaten, Hariyanto, menyampaikan bahwa pertemuan antara kedua partai berlangsung di Kantor DPC Gerindra pada siang hari. Pertemuan ini dihadiri oleh pengurus dari kedua belah pihak, termasuk Benny Indra Ardhianto, yang diusung sebagai bakal calon wakil bupati (cawabup) oleh DPC Gerindra.

“Ketua DPC PDI Perjuangan bersama jajarannya bersilaturahmi ke Partai Gerindra, dengan maksud selain bersilaturahmi juga meminang Partai Gerindra untuk berkoalisi di Pilkada 2024,” ujar Hariyanto saat dihubungi oleh media pada Selasa (18/6/2024). Dalam pertemuan tersebut, PDIP juga mengajukan Benny sebagai bakal cawabup untuk mendampingi calon bupati usungan PDIP Klaten. Hariyanto menegaskan bahwa pengurus kedua partai siap berkoalisi untuk Pilkada Klaten 2024.

Setelah mendengar masukan dari tujuh pengurus DPC, Hariyanto menyimpulkan bahwa Benny siap menerima pinangan dari PDIP Klaten. “Mas Benny menyatakan siap. Saya menyimpulkan, lamaran dari PDIP Klaten kami terima dengan membaca bismillahirrahmanirrahim,” katanya. Meski demikian, Hariyanto menambahkan bahwa kesepakatan resmi akan menunggu keputusan dari DPP. “Kesepakatan ini masih menunggu persetujuan formal dari DPP. Tapi, arahannya sangat jelas bahwa PDIP Klaten telah meminang Gerindra,” lanjutnya.

Hariyanto menjelaskan bahwa pihaknya saat ini masih menunggu rekomendasi dari DPD Gerindra. Hal serupa juga dilakukan oleh DPC PDIP Klaten yang menunggu rekomendasi dari DPP PDIP.

“Kita menunggu instruksi dari DPD, karena dalam waktu dekat ini bakal calon dari Gerindra dan PDIP akan diundang untuk pendalaman di DPD Partai Gerindra Jawa Tengah,” jelasnya.

Secara terpisah, Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, mengonfirmasi bahwa pihaknya telah mengunjungi kantor DPC Gerindra Klaten untuk membicarakan koalisi di Pilkada 2024. “Kami sepakat, lamaran DPC PDIP diterima,” kata Sri Mulyani.

Saat ini, DPC PDIP Klaten masih menunggu nama bakal calon bupati yang akan direkomendasikan oleh DPP PDIP Jateng. Langkah ini menunjukkan keseriusan kedua partai dalam menyongsong Pilkada 2024 dengan semangat kolaborasi.

Baca Juga: Anies Baswedan Diusung DPW PKB Lagi untuk Pilgub Jakarta 2024

Exit mobile version