Site icon Informasi Pilkada

Anies Baswedan Diusung DPW PKB Lagi untuk Pilgub Jakarta 2024

Anies Baswedan

Anies Baswedan

Pilkadanews.com – Eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi menerima rekomendasi dari Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) DKI Jakarta untuk kembali maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Penyerahan rekomendasi ini dilakukan langsung oleh Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas. Dalam sambutannya di Kantor DPW PKB DKI Jakarta, Kayu Putih, Jakarta Timur, pada Kamis (13/6/2024), Anies menyampaikan apresiasinya terhadap dukungan PKB selama masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Anies menekankan peran penting PKB dalam berbagai capaian yang telah diraih Jakarta selama lima tahun masa kepemimpinannya.

“PKB punya jasa juga dalam apa yang dicapai di Jakarta,” ujar Anies dalam pidatonyan seperti dikutip Kamis (13/06).

Dia juga mengingat kembali kerjasamanya dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dalam Pilpres lalu. Anies menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas amanah besar yang diberikan kepadanya.

“Amanah ini adalah amanah besar, tapi insyaAllah bukan amanah yang berat dan perjalanan harus dilalui bersama,” tambahnya.

Mantan calon Presiden RI 2024-2029 itu juga menyoroti keberanian dan keteguhan DPW PKB DKI Jakarta dalam mengusungnya kembali di Pilgub Jakarta. Menurut Anies, dibutuhkan ketulusan dan keikhlasan luar biasa dari pihak PKB untuk mendukungnya.

“Saya rasa itu mencerminkan semangat dari Pak Hasbi dan teman-teman PKB Jakarta bahwa itu perjuangan untuk Jakarta ke depan,” ungkap dia.

Pada Pemilu 2024 lalu, PKB berhasil meraih 470.682 suara yang mengantarkan mereka mendapatkan 10 kursi di DPRD Jakarta. Namun, jumlah kursi tersebut masih belum cukup untuk mencalonkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta.

Untuk dapat mengusung pasangan calon, dibutuhkan setidaknya 22 kursi. Oleh karena itu, PKB harus berkoalisi dengan partai lain seperti PKS atau PDIP untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Dukungan dari DPW PKB DKI Jakarta ini merupakan langkah strategis dalam membangun koalisi yang kuat untuk menghadapi Pilgub Jakarta 2024. Anies berharap dukungan ini akan membuka jalan bagi partai lain untuk bergabung dalam upaya membawa perubahan positif bagi Jakarta.

Baca Juga: Hasil Sidang Putusan Sengketa Pileg 2024 Dibacakan MK Mulai Besok

Exit mobile version