Site icon Informasi Pilkada

Prabowo, Anies dan Ganjar Siap Hadapi Gugatan Pilpres, Bakal Hadirkan Pengacara dengan Total Lebih dari 1.000

Anies-Prabowo-Ganjar

Anies-Prabowo-Ganjar

Pilkadanews.com – Hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan digugat secara kompak oleh ketiga pasang calon Presiden dan Wakil Presiden, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

Gugatan hasil Pilpres 2024 itu nantinya akan ditujukan Anies-Cak Imin, Prabowo – Gibran dan Ganjar – Mahfud ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Berdasarkan peraturan perundang-undangan, gugatan hasil pilpres nantinya dapat diajukan pada MK, tiga hari usai rekapitulasi suara tingkat nasional ditetapkan. Proses rekapitulasi suara nasional, saat ini masih dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di tingkat nasional.

Nantinya, hasil rekapitulasi suara akan dilakukan paling lambat 35 hari usai pemungutan suara Pemilu 2024 atau tepatnya pada 20 Maret 2024 mendatang.

Menghadapi permasalahan tersebut, kini ketiga tim sukses capres dan cawapres pun tengah mempersiapkan diri untuk mengahadapi gugatan pilpres di sidang MK. Adapun strategi yang akan mereka lakukan adalah dengan mengerahkan tim yang berisikan sejumlah pengacara handal.

Jumlah pengacara yang akan disiapkan mereka juga tak main-main. Prabowo-Gibran misalnya yang menurut penjelasan Ketua Tim Hukum Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02 , Yusril Ihza Mahendra, pihaknya nantinya akan menyiapkan 35 pengacara.

“Strukturnya ada 35-36 lawyer dan sebagian besar adalah lawyer profesional dan beberapa memang adalah nama-nama yang diusulkan parpol koalisi dari Golkar, ada Gerindra ada, partai-partai lain juga ada,” jelasnya dikutip Jumat (15/03).

Berbeda dengan Tim Prabowo-Gibran, jumlah pengacara yang akan disiapkan Ganjar pun lebih banyak tiga kali lipat. Dimana paslon Nomor Urut 03 ini akan menggandeng 100 pengacara yang tergabung dalam tim kuasa hukum Ganjar-Mahfud MD.

Meski begitu, belum dapat dipastikan terkait siapa saja yang tergabung sebagai 100 pengacara dari Tim Ganjar-Mahfud yang akan menggugat hasil Pilpres ke MK.

Mengikuti Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud, Anies-Cak Imin rupanya tak mau kalah untuk ikut serta dalam memperoleh keadilan terkait hasil Pilrpres 2024.

Dimana nantinya Paslon Nomor Urut 01 itu, menyiapkan 1.000 pengacara untuk menggugat hasil Pilpres 2024 di MK. Disampaikan Juru Bicara AMIN, Iwan Tarigan, pihaknya sudah sangat siap untuk mengajukan gugatan atas hasil Pilpres 2024 kepada MK.

Aplagi ia juga menyebutkan bahwa pihaknya telah mengumpulkan data dan bukti kecurangan yang berkaitan dengan proses penyelenggaraan Pilpres 2024.

Baca Juga: Kawalpemilu Umumkan Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024: Bantah Indikasi Kecurangan Pemilu

Exit mobile version