Site icon Informasi Pilkada

Pemkab Karanganyar Alokasikan Rp 1,5 M untuk Persiapan Pilkada

Pilkada News – Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengalokasikan anggaran Rp 1,5 miliar di APBD 2023 untuk persiapan pemilihan umum (pemilu) maupun pilkada 2024.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengungkapkan, anggaran pemilu dan pemilukada 2024 tersebut dialokasikan untuk komisi pemilihan umum (KPU), bawan pengawas pemilu (Bawaslu). Serta pengamanan untuk TNI serta Polri.

”Tahapan persiapan pilkada dan pemilu tahun depan sebesar Rp 1,5 miliar,” kata bupati saat sidang paripurna dengan agenda pembacaan jawaban atas pandangan umum fraksi terhadap rancangan peraturan daerah APBD 2023.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karanganyar Nuning Ritwanita Priliastuti membenarkan adanya anggaran untuk persiapan pemilu dan pemilukada. Nuning mengaku dari Rp 1,5 miliar tersebut, bawaslu hanya mendapatkan sekira Rp 300 juta.

”Kemarin kami dihubungi pemerintah dapat anggaran itu. Ya nanti akan digunakan untuk sosialisasi pengawasan pemilu,” terang Nuning.

Senada diungkapkan Ketua KPU Karanganyar Triastuti Suryandari. Dia mengaku belum mengetahui dan belum menerima secara resmi berapa besaran anggaran yang nanti dikelola KPU Karanganyar.

”Yang menjadi dasar kami nanti adalah naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) itu. Yang kemudian nanti dilakukan registrasi untuk bisa dimasukan ke daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) KPU,” singkat Trias. 

Baca Juga : Wantimpres Bertemu MPR Evaluasi Mekanisme Pilkada Langsung

Dapatkan informasi terupdate berita polpuler harian dari pilkadanews.com Untuk kerjasama lainya bisa kontak email tau sosial media kami lainnya.

Exit mobile version