Site icon Informasi Pilkada

Ridwan Kamil dan Suswono akan Diumumkan Gerindra Maju Pilkada 19 Agustus 2024

Suswono - Ridwan Kamil

Suswono - Ridwan Kamil

Pilkadanews.com – Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengonfirmasi rencana pengumuman pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Jakarta 2024, yaitu Ridwan Kamil dan Suswono. Rencananya, pengumuman tersebut akan dilaksanakan pada hari Senin, 19 Agustus mendatang.

Dasco menyampaikan, “Kami sudah sepakat untuk secara resmi mengumumkan pasangan calon ini pada 19 Agustus, kemungkinan diadakan pada siang atau sore hari. Jadi, saksikan tanggal mainnya,” ungkapnya saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada hari Rabu.

Saat ini, partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sedang membahas mengenai teknis pelaksanaan pengumuman tersebut, apakah akan dilakukan secara terpisah atau bersamaan. Koalisi ini beranggotakan beberapa partai politik yang mendukung pasangan Ridwan Kamil dan Suswono untuk maju dalam pemilihan gubernur Jakarta.

Walaupun Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan telah lebih dulu menyebutkan Suswono sebagai calon pendamping Ridwan Kamil, Dasco menegaskan bahwa Gerindra akan memberikan pengumuman resmi pada 19 Agustus. “Nama yang beredar memang sudah ada, dan mungkin Pak Zul juga sudah menyampaikan,” tambah Dasco.

Sebelumnya, Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa Suswono, yang diusulkan sebagai calon wakil gubernur, adalah mantan Menteri Pertanian RI dan Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Suswono pernah menjadi kolega Zulkifli dalam kabinet pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat Zulkifli menjabat sebagai Menteri Kehutanan.

Selain itu, Zulkifli juga menepis spekulasi bahwa inisial “S” merujuk pada Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan putra bungsu Presiden Joko Widodo. Klarifikasi ini sekaligus mengukuhkan posisi Suswono sebagai pendamping Ridwan Kamil dalam kontestasi Pilkada mendatang.

Hingga saat ini, Ridwan Kamil yang juga mantan Gubernur Jawa Barat, telah mendapatkan dukungan dari Partai Golkar dan Partai Gerindra untuk maju sebagai calon gubernur.

Sementara itu, Partai Gerindra mengumumkan bahwa PKS dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan bergabung dalam koalisi untuk memperkuat dukungan terhadap pasangan ini. Pengumuman resmi dari partai-partai ini dinantikan banyak pihak sebagai langkah strategis menuju Pilkada Jakarta 2024.

Dengan berbagai dukungan ini, pasangan Ridwan Kamil dan Suswono diharapkan dapat menghadirkan visi baru bagi pembangunan Jakarta di masa depan.

Baca Juga: Agus Gumiwang Resmi Jadi Plt Ketua Umum Golkar: Siap Gelar Munas dan Rapimnas

Exit mobile version