Site icon Informasi Pilkada

NasDem Resmi Dukung Anies Baswedan Jadi Calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024

NasDem resmi dikung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

NasDem resmi dikung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Pilkadanews.com – Partai NasDem secara resmi telah mengumumkan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai calon gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Pengumuman ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal NasDem, Hermawi Taslim, di NasDem Tower, Jakarta, pada hari Senin.

Menurut Hermawi, keputusan pengusungan Anies Baswedan sebagai Calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024, diambil setelah rapat internal yang dipimpin oleh Surya Paloh.

“Sore ini, kami telah membulatkan tekad untuk Pilkada DKI. Pak Surya Paloh yang memimpin rapat tadi langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai NasDem,” ungkapnya dikutip dari Antara, Selasa (23/07).

Rapat yang dilakukan pada siang hari tersebut melibatkan DPP Partai NasDem dan DPW NasDem DKI Jakarta untuk membahas hasil Bappilu yang diumumkan pada 11 Mei 2024. Tiga nama yang menjadi fokus utama adalah Anies Baswedan, Ahmad Sahroni, dan Wibi Andrino.

“Kami selalu mengatakan bahwa stok kami terdiri dari tiga nama itu setiap kali ditanya oleh media,” kata dia menjelaskan.

Selain itu, Hermawi menyebutkan bahwa keputusan resmi mengenai calon gubernur DKI Jakarta dari NasDem sebenarnya direncanakan akan diumumkan paling lambat pada 31 Juli 2024, sesuai dengan edaran Bappilu. Namun, keputusan untuk mengumumkan lebih awal diambil dengan tekad bulat.

Anies Baswedan diberi kebebasan untuk memilih calon wakil gubernurnya, dengan syarat pendamping tersebut tidak berasal dari Partai NasDem. Deklarasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta ini harus dilakukan paling lambat pada 22 Agustus 2024.

“Namun, jika Pak Anies dapat menyelesaikan PR-nya dalam tiga hari, maka bisa diumumkan pada tanggal 25,” tambah Hermawi.

Survei Teropong Jawa 2024 yang dirilis oleh Litbang Kompas menunjukkan bahwa Anies Baswedan saat ini berada di peringkat pertama dengan elektabilitas sebesar 29,8 persen. Di peringkat kedua ada Ahok dengan 20 persen, dan Ridwan Kamil di peringkat ketiga dengan 8,5 persen.

Dengan dukungan resmi dari Partai NasDem, Anies Baswedan kini semakin mantap untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Keputusan ini menegaskan posisi Anies sebagai kandidat terkuat di antara para pesaingnya, membuka jalan bagi kampanye yang lebih intensif dalam waktu dekat.

Baca Juga: PDIP Bangun Komunikasi untuk Duet Rano Karno – Airin Rachmi Diany di Pilgub Banten 2024

Exit mobile version