Site icon Informasi Pilkada

Partai Nasdem Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Cawagub Masih Dinamis

Bobby Nasution

Bobby Nasution

Pilkadanews.com – Partai Nasdem melalui Ketua Umumnya, Surya Paloh, mengonfirmasi dukungan penuh kepada Walikota Medan, Bobby Nasution, untuk maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut) 2024. Meski demikian, Nasdem belum menentukan nama calon wakil gubernur (cawagub) yang akan mendampingi Bobby.

“Pilgub ada kan, Bobby kan (Pilkada Sumut),” ujar Surya Paloh di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/6/2024). Paloh memberi sinyal bahwa keputusan terkait cawagub sepenuhnya diserahkan kepada Bobby Nasution, dengan keyakinan bahwa Bobby akan memilih pendamping terbaik.

“Ya, serahkan saja (Bobby Nasution),” tegas Paloh seperti dikutip dari Antara, Selasa (25/06).

Paloh menambahkan bahwa partainya mendukung bakal cawagub terbaik, termasuk yang diajukan oleh partai politik lain. Nasdem sendiri belum mengusulkan nama untuk posisi cawagub Bobby Nasution.

“Pokoknya cari saja siapa yang paling baik, jalan aja udah,” pungkasnya.

Bobby sebelumnya telah mendapatkan dukungan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk maju di Pilgub Sumut 2024. Partai yang tergabung dalam KIM antara lain Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan PAN. Beberapa partai sudah mengajukan kandidat cawagub untuk suami Kahiyang Putri ini.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, menegaskan bahwa partai-partai dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah sepakat mendukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024. Namun, kandidat cawagub masih dalam tahap pembahasan dan masing-masing partai mengajukan nama-nama potensial.

“Nama Mas Bobby Nasution memang telah disepakati di Koalisi Indonesia Maju atau KIM,” ujar Kamhar kepada wartawan, Minggu (23/6/2024).

Kamhar menyebut Partai Demokrat berkomitmen untuk menyelaraskan koalisi yang terbentuk, terutama untuk Pilkada 2024, dengan mengupayakan sebanyak mungkin yang linear di KIM, khususnya di daerah-daerah penting seperti Sumatera Utara.

Pada Mei lalu, Partai Demokrat telah mengadakan pertemuan antara adik ipar Kaesang Pangarep ini dengan satgas pilkada Partai Demokrat yang dipimpin oleh Andi Mallarangeng, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, dan Sekjen DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsjah.

Lebih lanjut, Kamhar mengatakan bahwa bursa cawagub pendamping Bobby masih dinamis. Setiap partai berusaha memajukan kadernya, termasuk Partai Demokrat yang mengusulkan beberapa nama seperti Ketua DPD Partai Demokrat Sumut M Lokot Nasution, mantan bupati Tapanuli Selatan dan anggota DPR Ongku P Hasibuan, serta Teguh Santosa, jurnalis senior yang juga Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

Dengan dukungan kuat dari partai-partai dalam KIM, Bobby Nasution diharapkan dapat memilih cawagub terbaik untuk memenangkan Pilgub Sumut 2024.

Baca Juga: KPU Akan Sesuaikan Batas Usia Minimum Calon dii Pilkada 2024 Berdasarkan Putusan MA

Exit mobile version