Site icon Informasi Pilkada

Mendagri Tito Karnavian Bongkar Anggaran Pilkada 2024 yang Capai Rp 27 Triliun

Mendagri bongkar anggaran Pilkada 2024

Mendagri bongkar anggaran Pilkada 2024

Pilkadanews.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian baru-baru ini mengungkapkan bahwa anggaran penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mencapai Rp 27 triliun.

Angka tersebut mencakup dana untuk Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta belum termasuk anggaran untuk keamanan yang melibatkan TNI dan Polri.

“Total usulan semua, lebih kurang Rp 20 triliun lebih untuk jajaran KPUD,” jelas di dikutip pada Jumat (03/05).

Sementara untuk jajaran Bawaslu, Tito mengatakan bahwa dana yang dikeluarkan mencapai Rp6,3 triliun. Sehingga total biaya yang dikucurkan untuk penyelangaraan Pilkada 2024 mencapai 27 triliun untuk seluru daerah.

Meski begitu, hingga kini masih dibutuhkan biaya tambahan untuk keperluan aparat keamanan seperti TNI dan Polri. Hanya saja Mendagri hingga kini belum dapat menghitung terkait kepastian kebutuhan keanggaran keamanan tersebut.

“Saya tentunya menarget secepat mungkin. Bila perlu dalam bulan Mei, Juni sudah harus selesai karena teman-teman KPUD mereka memerlukan biaya untuk mengeksekusi program-programnya. Bawaslu juga demikian dan TNI Polri juga perlu melakukan persiapan-persiapan,” imbuhnya lagi menjelaskan.

Tito menyatakan bahwa sumber anggaran berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 10/2016 tentang Pilkada.

Selain itu, Tito juga menyoroti proses pencairan anggaran tersebut. Meskipun sejumlah pemda telah menandatangani Naskah Penerima Hibah Daerah (NPHD) sebagai komitmen memberikan dana hibah pemilu kepada KPUD dan Bawaslu, baru sekitar 40% anggaran yang terealisasi.

Menurutnya, tugas Kemendagri adalah memastikan pencairan anggaran tersebut segera terlaksana agar penyelenggara pemilu dapat dengan percaya diri melaksanakan tugasnya.

Tito juga menegaskan pentingnya pencairan anggaran tersebut untuk mendukung pelaksanaan program-program KPUD dan Bawaslu serta persiapan keamanan oleh TNI dan Polri.

Diharapkan sisa anggaran yang belum terealisasi dapat segera dicairkan maksimal pada bulan Juni mendatang, sehingga semua pihak terkait dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menyelenggarakan Pilkada 2024.

Baca Juga: #SelamatHARDIKNAS2024: Rayakan Semangat Merdeka Belajar dengan Kumpulan Twibbon dan Ucapan Terbaik

Exit mobile version