Site icon Informasi Pilkada

Demokrat Ungkap Nama Kader untuk Calon di Pilkada Banten 2024

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama jajaran pengurus partai memberikan penjelasan kepada wartawan yang hadir mengenai kondisi internal Partai Demokrat, di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (1/2/2021). Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku ada gerakan politik tertentu yang melibatkan pejabat di lingkaran Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengambil alih kepengurusan partai secara inkonstitusional. BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao.

Serang – Partai Demokrat (PD) mulai memunculkan nama-nama calon yang akan disiapkan untuk maju di Pilgub Banten 2024. Ada tujuh kader dari internal yang beberapa di antaranya menjadi kepala daerah di Banten.

Nama-nama itu antara lain adalah Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. Selain itu ada nama-nama kader yaitu Nuraeni, Zulfikar, Aeng Haerudin dan Rizki Natakusumah. Terakhir adalah anak Wapres Ma’ruf Amin yang saat ini menjabat Wasekjen Demokrat Siti Nur Azizah.

Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) Partai Demokrat Provinsi Banten M. Nawa Said Dimyati mengatakan nama-nama itu dilempar ke publik oleh Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) partai untuk persiapan kader internal dalam pemilihan kepala daerah dan legislatif. Nama-nama di atas dinilai memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai calon kepala daerah.

“Seperti nama pak WH, Iti Octavia, Arief WIsmansyah dan ada 3 anggota DPR RI dari Banten ditambah ada kader senior itu dari aspek kapasitas menurut DPP jadi salah satu kandidat yang akan direkomendasikan,” ujar Nawa berbincang melalui sambungan telepon di Serang, Banten, Senin (1/3/2021).

Dimunculkannya nama itu juga adalah apresiasi DPP partai karena mereka dianggap sudah berkontribusi di daerah masing-masing. Ia yakin, ada survey internal kenapa ketujuhnya dinilai memiliki kapasitas untuk berkontestasi di Pilkada nanti.

“Jadi saya melihat ini hal bagus ketika DPP langsung lembar kader dan bisa dinilai public, kita ingin lihat respons publik seperti apa,” jelasnya.

Meski sudah munculkan nama, PD nantinya tetap melakukan mekanisme penjaringan calon. Termasuk lobi dengan partai lain tentang calon kepala daerah di Banten meski pemungutan suara rencananya dilakukan pada 2024 nanti.

(bri/mso)

Exit mobile version