Site icon Informasi Pilkada

KPU Makassar Evaluasi Data Pemilih

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.CO – Divisi data KPU kota Makassar melaksanakan rapat evaluasi data pemilih, baik itu daftar pemilih tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Pindahan (DPPh) dihotel Gammara tanggal 11 Januari 2021.

Komisioner KPU Makassar divisi data, Romi Harminto mengatakan, adapun titik yang menjadi evaluasi dan review adalah terkait pergerakan data dari disdukcapil ke KPU kota Makassar.

“Kemudian divalidasi oleh ppdp dalam bentuk coklit dan diplenokan secara berjenjang dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga Kota,” ujarnya, saat ditemui di Hotel Gammara, Senin pagi.

Lanjut dia, dari titik DPTb KPU Malassar akan mencoba melihat masalah-masalah apa yang terjadi di hari pemungutan terkait DPTb pada pilwali 9 Desember lalu.

“Baik tentang kehadiran maupun pelayanan yg diberikan oleh petugas KPPS. Banyak masukan yang menjadi point review dalam pelaksanaan pemilihan ke depannya,” jelasnya.

Hasil evaluasi ini pihak KPU rangkum dalam DIM (daftar inventarisasi masalah) yang akan menjadi diskusi dalam menjadikan pemilahan ke depannya lebih mudah, akurat dan dapat di validasi.

“Jadi, tidak sekadar evaluasi, namum menjadi rangkuman untuk diperbaiki ke depan,” pungkasnya.

Diketahui, beberapa waktu belum lama ini. Ketua KPU RI Arif Budiman, menyampaikan, sampai tahapan pemungutan dan rekapitulasi suara, evaluasi terbesar dari pilkada memang pada penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi dalam pelaksanaan pemilu serentak yang baru pertama kali terjadi.

Exit mobile version