Site icon Informasi Pilkada

Kalah di Pilkada Banjarmasin, Haris-Ilham Mengaku Legawa

Liputan6.com, Jakarta – Hasil penghitungan suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin 2020, menempatkan pasangan calon (paslon) nomor urut 1, H Haris Makkie dan Ilham Noor di posisi ketiga dalam perolehan suara terbanyak dalam Pilkada Serentak. 

Terkait hal tersebut, Haris-Ilham menyatakan legawa dan mengucapkan selamat kepada pasangan calon lainnya. 

“Kita mengucapkan selamat kepada pasangan calon yang meraih suara tertinggi,” ujar Ilham Noor di Banjarmasin, Kamis (17/12/2020) dilansir Antara

Bahkan sebelum hasil rekapitulasi resmi Komisi Pemlihan Umum (KPU) resmi diumumkan, pihaknya sudah menyampaikan pernyataan melalui media sosial, baik Instagram maupun Facebook dengan mengucapkan selamat kepada pasangan H Ibnu Sina dan H Arifin Noor sebagai peraih suara terbanyak.

Imam mengatakan bahwa pihaknya tidak menggugat hasil penghitungan tersebut. 

“Kita harus memberi pelajaran demokrasi kepada masyarakat, bahwa Pilkada ini adalah pesta demokrasi tidak boleh dicederai hal-hal lain,” papar politikus Gerindra ini.

Namun, satu yang menjadi catatannya, tingkat partisipasi pemilih di Pilkada 2020 menurun. Dari sekitar 440 ribu pemilih, yang datang ke tempat pemungutan suara (TPS), hanya berkisar 250 ribu.

“Ini juga evaluasi kami untuk kedepan-nya agar Pilkada benar-benar diminati masyarakat untuk menyalurkan hal pilihnya demi pemimpin yang benar-benar diinginkan masyarakat,” ujarnya.

 

Exit mobile version