Site icon Informasi Pilkada

Debat Publik Pilwalkot Semarang, Hendi: Sekarang Semarang Semakin Hebat

Detik.com Jakarta – Tahapan Pemilihan Wali kota Semarang tahun 2020 telah sampai pada agenda debat publik pertama yang berlangsung hari ini. Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama Hevearita hadir secara langsung mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh KPU Kota Semarang tersebut.

Sebagai calon tunggal, pasangan yang akrab disapa Hendi – Ita itu pun menjadi objek utama dalam acara yang berlangsung selama 2 jam tersebut. Total 19 pertanyaan dilemparkan kepada Hendi – Ita, baik dari tim pakar, masyarakat, juga tim panelis yang terdiri dari Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama, Rektor Universitas PGRI Semarang Muhdi, Rektor Unika Soegijapranata Semarang Ridwan Sanjaya, Wakil Rektor IV Universitas 17 Agustus 1945 Semarang Retno Mawarini Sukmariningsih, dan Ketua PWM Muhammadiyah Jawa Tengah Tafsir.

Hendi selaku calon petahana Wali Kota Semarang mengaku tak kesulitan menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan. Dirinya bahkan mengatakan semua hal yang ditanyakan sudah masuk dalam rencananya ke depan. Sebagaimana garis besarnya telah dicatatkan dalam visi misi pasangan Hendi – Ita yang diserahkan kepada KPU.

“Visi misi kami kan memang berkesinambungan ya, dulu Semarang Hebat, sekarang Semarang Semakin Hebat, jadi saya rasa semua yang ditanyakan ini sebagian besar sudah kami rencanakan dalam poin pembangunan ke depan,” ungkap Hendi dalam keterangan tertulis, Rabu (25/11/2020).

Di sisi lain, dalam debat publik yang diselenggarakan di hotel Patra Jasa Semarang tersebut, Hendi sempat mengoreksi beberapa pertanyaan yang diajukan kepadanya. Salah satunya ketika Hendi ditanya terkait angka putus sekolah yang dianggap tinggi, merujuk pada angka rata-rata lama sekolah di Kota Semarang sebesar 10,67 tahun.

Pertanyaan itu pun langsung disanggah Hendi, karena menurutnya pertanyaan tersebut seharusnya merujuk pada angka harapan lama sekolah, dan bukan menggunakan angka rata-rata lama sekolah.

“Rata-rata lama sekolah itu perhitungannya berdasarkan penduduk di atas usia 25 tahun, jadi saya rasa ini nggak pas, karena usia-usia jauh di atas kita juga menjadi pembagi. Yang tepat harusnya melihat dari harapan lama sekolah, yang mana di Kota Semarang sudah mencapai 15,51 tahun, dan pasti sudah melampaui wajib belajar 12 tahun,” jelas Hendi.

Tak hanya itu, Hendi juga menyanggah pertanyaan lainnya yang diajukan kepadanya, soal tagline Semarang Variety Of Culture dalam kaitan mengekspresikan kearifan lokal. Hendi pun tak ingin menanggapi pertanyaan tersebut karena dirasa bukan bagian dari tagline yang diusungnya. Dia menekankan tagline yang diusungnya bersama Ita sebagai wakil pada periode lalu adalah Semarang Hebat, yang dilanjutkan menjadi Semarang Semakin Hebat.

“Saya dengan mbak Ita dari 2016, kemudian saya pernah menjadi wakil wali kota dari tahun 2010, saya tidak pernah menggunakan tagline Semarang Variety Of Culture. Sehingga kami tidak menjawab, meskipun keberagaman di Semarang ini luar biasa, tapi branding sebuah kota tidak bisa hanya sebagai gagah-gagahan, harus benar-benar mewakili karakter masyarakat,” tegas Hendi.

Exit mobile version