Site icon Informasi Pilkada

Eks Kapolda Sulteng Dampingi Cagub Petahana Fachrori di Pilgub Jambi

Detik.com – Calon petahana, Fachrori Umar resmi meninggalkan kader PDIP, Safrial untuk mendampinginya di Pilgub Jambi. Fachrori memilih mantan Kapolda Sulteng Brigjen Pol Safril Nursal untuk maju sebagai calon wakil gubernur.

“Iya pilihan kini telah berubah ke bapak Safril Nursal. Beberapa waktu lalu beliau sudah berkoordinasi dengan bapak Safril Nursal untuk maju mendampingi bapak Fachrori di Pilgub Jambi. Nantinya bapak Safril Nursal juga akan menuju Jambi untuk menyapa warga Jambi,” kata Ketua tim keluarga Fachrori Umar, Miftahul Ikhlas kepada detikcom, Rabu (19/8/2020).

Miftahul yang kerap disapa Paul menyebutkan Fachrori tak jadi berpasangan dengan Safrial lantaran persoalan waktu yang tengah mendesak. Bupati Tanjung Jabung Barat Jambi itu juga sudah diberitahu atas keputusan yang diambil oleh petahana ini.

“Ini kan karena persoalan waktu, apalagi Pilgub ini juga sudah mulai mepet (dekat). Kita kan juga menunggu pak Safrial nya untuk dapat diusung PDIP, tetapi pengusungan itu juga belum jelas. Pak Safrial juga sudah mengetahui akan hal ini, dan beliau menghormati atas keputusan yang telah diambil. Apalagi beliau juga sepertinya lebih fokus ke istrinya yang juga menyatakan maju di Pilbup Tanjung Jabung Barat,” ujar Paul.

Paul juga mengatakan hubungan antara Fahcrori dengan Safrial hingga kini masih baik-baik saja. Tidak ada persoalan apapun antara kedua politikus senior tersebut.

“Ini bukan tentang ketidakcocokan. Kalau masalah cocok ya cocok. Tetapi kan sudah kita bilang ini masalah waktu. Kalau masih menunggu-menunggu rekom PDIP ya tentu lama. Jadi kini insyallah pasangan pak Fachrori dan pak Safril Nursal ini sudah fix dan akan kita deklarasi,” terang Paul.

Munculnya nama mantan Kapolda Sulteng, Brigjen Safril Nursal itu lantaran dia merupakan warga asli Kabupaten Kerinci, Jambi. Safril yang juga tokoh masyarakat yang disegani di Kerinci.

Brigjen Safril Nursal bahkan juga menjadi nama pilihan untuk diduetkan oleh partai Demokrat setelah mengeluarkan hasil rekomendasinya di Pilgub Jambi 2020 ini. Demokrat yang memiliki 7 kursi di DPRD Jambi.

“Iya rekomendasi sudah diserahkan ke pak Fachrori. Pasangan yang direkomendasi itu bapak Fachrori dengan bapak Safril Nursal. Penyerahanya langsung di Jakarta oleh Ketum Demokrat AHY,” kata Ketua DPD Demokrat Jambi, Burhanudin Mahir.

Saat ini, ada 3 partai yang telah resmi mengusung calon petahana itu. Partai tersebut ialah Hanura dengan 2 kursi di DPRD Jambi, dan Gerindra 7 kursi partai di DPRD Jambi serta Demokrat juga 7 kursi. Sebagai persyaratan untuk maju Pilgub kandidat hanya butuh memenuhi 11 kursi sebagai syarat dari KPU.

Exit mobile version