Site icon Informasi Pilkada

Gerindra Akan Gelar Kongres Luar Biasa Lusa, Prabowo Tetap Ketua Umum?

Tempo.co – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya akan menggelar kongres luar biasa pada Sabtu, 8 Agustus mendatang. Dasco mengatakan kongres ini terutama dalam rangka konsolidasi menyongsong Pilkada 2020 yang digelar serentak pada 9 Desember.

“Kongres luar biasa Gerindra yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus itu untuk konsolidasi terutama menyikapi pilkada yang berlangsung di tengah pandemi ini,” kata Dasco kepada wartawan, Kamis 6 Agustus 2020.

Selain itu, kata Dasco, kongres juga mengagendakan penguatan struktur partai dari bawah hingga ke pusat. Dasco mengatakan penguatan ini bertujuan untuk menguatkan semangat partai tetap bersikap optimis di tengah pandemi.

Namun Dasco tak merinci apakah kongres juga bakal mengukuhkan kembali Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Gerindra. Menurut dia, mereka akan mendengar terlebih dulu aspirasi dari para pengurus partai dari daerah.

“Kalau itu nanti kita lihat hasil kongresnya bagaimana, karena itu akan berjalan natural dan nanti kita lihat apa pendapat-pendapat dari pengurus baik tingkat kabupaten, kota, sampai DPD,” ujar Wakil Ketua DPR ini.

Dasco mengimbuhkan, kongres Gerindra akan digelar di Jakarta. Peserta akan hadir secara virtual dan fisik dengan tetap mengikuti protokol Covid-19.

Meski begitu, dalam Rapat Pimpinan Nasional yang digelar 4 Juni lalu, sebanyak 34 Dewan Pimpinan Daerah Gerindra kompak meminta Prabowo tetap menjadi ketua umum Gerindra periode 2020-2025.

Ketika itu, Dasco menyebut permintaan itu dengan pertimbangan Gerindra masih memerlukan figur perekat, pengayom, dan pemimpin perjuangan partai ke depan. Apalagi di tengah munculnya ide menaikkan parliamentary threshold di Pemilu 2024 dan dalam rangka Pilkada 2020.

“Seluruh komponen pimpinan daerah Partai Gerindra meminta kembali Pak Prabowo memimpin perjuangan tersebut,” kata Dasco pada Jumat, 5 Juni 2020.

Exit mobile version